Thursday 5 May 2016

Kingdom Animalia

Kingdom Animalia.

Kingdom ini adalah salah satu kingdom terbesar di dunia. dengan ciri - ciri :
- Eukariotik
- Multiseluler
- Tidak berdinding sel
- Tidak memiliki klorofil
- Heterotrof (tidak bisa memproduksi makanan sendiri)

Kingdom Animalia dibedakan menjadi dua yaitu Invertebrata & Vertebrata.
(jika ingin mempelajari lebih lanjut silahkan klik tulisan vertebrata / invertebrata diatas)

Invertebrata adalah hewan yang takbertulang belakang, dan vertebrata merupakan hewan bertulang belakang.
Anggota invertebrata yang tidak memiliki jaringan disebut Parazoa, dan yang sudah memiliki jaringan tubuh disebut eumetazoa. Tubuh eumatozoa ada yang simetri radial maupun simetri bilateral. Hewan dengan tubuh simetri radial memiliki tubuh dorsal (bagian atas) dan ventral (bagian bawah), tetapi tidak memiliki tubuh anterior (bagian depan) dan posterior (bagian belakang).Sementara itu hewan dengan tubuh simetri bilateral memiliki tubuh dorsal dan ventral, serta  anterior dan posterior.

Tubuh eumatozoa memiliki lapisan embrional. Lapisan embrional adalah lapisan yang terbentuk saat perkembangan embrio. Lapisan embrional akan berdiferensiasi membentuk jaringan atau organ tubuh. Lapisan terluar disebut ekstodern dan yang terdalam disebut endoderm, serta yang diantara keduanya disebut mesoderm.

Hewan yang memilki dua lapisan tubuh disebut Dipoblastik, sementara yang memiliki tiga lapisan tubuh disebut Tripoblastik. Hewan tripoblastik dibedakan dalam tiga kelompok berdasarkan ada tidaknya rongga tubuh (selom). yaitu : aselomata ( tidak berongga), pseudoselomata (berongga tubuh semu), dan selomata (berongga).

Sebagian besar invertebrata tidak memiliki bagian tubuh internal yang keras, jadi bentuk tubuh dipertahankan oleh tekanan yang berasal dari cairan tubuhnya (sistem rangka hidrostatik). tapi ada juga sistem ranga cangkang luar dan sitem rangka eksoskeleton (rangka luar).

Pada hewan vertebrata terdapat endoskeleton (rangka dalam). endoskeleton tersusun dari tulang yang bersifat kuat, ringan, dan fleksibel.

Load disqus comments

0 komentar