Thursday 5 May 2016

Mollusca

6. Filum Mollusca
          Filum molusca merupakan kelompok hewan bertubuh lunak. Tubuh lunaknya seringkali dilindungi oleh cangkang. Hewan ini memiliki tubuh simetri bilateral dan termasuk tripoblastik selomata.
Ciri umum:
-         Tripoblastik selomata
-         Simetri bilateral
-         Heterotrof
-         Eukariotik
-         Sistem pencernaan lengkap
    Ukuran dan bentuk mollusca sangat bervariasi. Tubuh mollusca terdiri dari tiga bagian utama, yaitu kaki, massa viseral, dan mantel.
-         Kaki merupakan pennjuluran otot bagian ventral tubuh. Kaki berfungsi untuk bergerak merayap dan menggali.
-         Massa viseral adalah bagian tubuh mollusca yang lunak. Massa viseral merupakan kumpulan sebagian besar organ, seperti organ pencernaan, ekskresi, dan reproduksi.
-         Mantel membentuk rongga mantel yang berisi cairan. Cairan tersebut merupakan tempat lubang ekskresi dan anus.

    Sistem saraf mollusca terdiri dari cincin saraf yang mengelilingi esofagus dengan serabut saraf yang menyebar. Sistem pencernaan mollusca lengkap terdiri dari mulut, esofagus, lambung, usus, dan anus. Pada kelompok mollusca tertentu, di mulutnya terdapat organ seperti rahang dan lidah yang dapat bergerak maju mundur. Lidah bergigi yang melengkung kebelakang disebut radula, yang berfungsi untuk melumatkan makanan. Mollusca hidup secara heterotrof dengan memakan ganggang, udang, ikan, mollusca lainnya, dan sisa organisme.
          Mollusca bereproduksi secara seksual. Organ reproduksi jantan dan betina umumnya terpisah, tetapi ada jenis siput yang hermaprodit. Fertilisasi terjadi secara eksternal atau internal.

Klasifikasi
          Jenis mollusca yang sudah teridentifikasi sekitar 80.000 spesies. Mollusca diklasifikasi menjadi tiga kelas berdasarkan jenis kaki, posisi kaki, dan tipe cangkang. Kelas tersebut yaitu :
-         Gastropoda
-         Pelecypoda
-         Cephalopoda

A. Gastropoda
          Gastropoda adalah kelompok hewan mollusca yang menggunakan perut sebagai alat gerak (kaki). Hewan ini memiliki ciri khas, yaitu berkaki lebar dan pipih pada bagian ventral tubunya. Contoh : siput air (Lymnaea sp). Dan bekicot (Achatina fulica).

B. Pelecypoda
          Contoh : kerang (Anadara sp), tiram mutiara (Pinctanada margaritifera).
Pelecypoda memiliki ciri khas, yaitu kaki berbentuk pipih seperti kapak. Sistem saraf  pada pelecypoda terdiri dari tiga sraf ganglion, yaitu : ganglion anterior, ganglion pedal, dan ganglion posterior.

C. Cephalopoda
          Cephalopoda merupakan mollusca yang memiliki kaki di kepala. Sekitar 650 spesies cephalopoda yang sudah teridentifikasi. Kelompok ini seluruhnya hidup di laut. Sebagai hewan pemangsa hampir semua hewan cephalopoda dapat berenang secara cepat. Contoh : Sepia officinalis, Loligo sp, Octopus sp.

Peran mollusca dalam kehidupan
-         Sumber makanan berprotein tinggi.
-         Perhiasan, misalnya tiram mutiara.
-         Hiasan dan kancing.

-         Bahan baku teraso.

Load disqus comments

0 komentar